Tips Merawat Kucing Buat Pemula

header 728 x 90 3

Tips Merawat Kucing Buat Pemula

Merdeka.com – Kucing merupakan hewan peliharaan paling banyak dipelihara oleh masyarakat di dunia. Tingkah lucu dan menggemaskan kucing menjadi alasan sebagian besar orang untuk memeliharanya.

Namun bagi orang yang baru oertama kali memiliki kucing, akan bingung bagaimana cara merawat binatang peliharaan tersebut. Ketua Indonesian Cat Association (ICA) Bandung Untung Iswanto, memberikan sejumlah tips merawat kucing terutama untuk pemula.

Pertama, Kandang. Kandang menjadi aspek pertama yang haru diperhatikan oleh para pemilik kucing. Saat ini banyak aneka bentuk dan jenis kandang. Pemilik kucing tinggal memilih kandang yang disesuaikan dengan ukuran kucing.

“Yang penting kandang harus membuat kucing terasa aman, nyaman dan bersih,” kata Iswanto.

Kedua, Makanan. Untuk anak kucing memang menbutuhkan nutrisi lebih banyak. Jenis makanan sendiri kini daoat dengan mudah dijumpai di petshop (toko kebutuhan hewan). Makanan dari yang paling murah hingga premium kini tersedia di sana. Pemilik kucing disarankan untuk tidak memberikan makanan mentah, sebab makanan mentah rentan terhadap kuman atau bakteri yang dapat membuat kucing sakit.

Untuk makanan dapat diberikan 2 sampai 3 kali sehari. Namun prinsipnya setelah makanan habis, pemilik harus segera mengisinya kembali. Layaknya manusia, kucing juga tidak boleh telat makan.

Ketiga, Kebersihan. Kebersihan kucing menjadi aspek yang penting harus selalu dijaga. Pemilik Kucing dapat memandikannya secara teratur. Tak perlu sering, yang penting kebersihan kucing selalu terjaga.

Pemilik kucing, Iswanto melanjutkan, juga harus rajin membersihkan bagian tubuh kucing yang rentan terhadap kuman seperti kuku dan bagian lainnya. “Pemilik kucing juga harus menyediakan toilet khusus kucing,” ujarnya.

Keempat, Vaksinasi. Untuk menghindari oenyakit, vaksinasi menjadi salah satu hal yang harus dilakukan oleh pemilik kucing. Pemilik kucing dapat mendatangi dokter hewan untuk melakukan vaksin kucing milik mereka. Jangan sampai menunggu kucing sakit baru dibawa ke dokter hewan.

Baca Juga Yang satu ini ...
Apakah Cuplikan Video Ini Terkait dengan Ledakan Bom di Sarinah Thamrin Hari Ini?

Kelima, jangan memelihara kucing terlalu banyak karena bisa kerepotan. Ini yang selalu ditekankan kepada para pemilik kucing pemula. Untuk permulaan cukup satu kucing dulu. Jika sudah merasa mampu untuk merawat, baru bisa menambah jumlah kucing.

(mtf)

Belajar sb1m yuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *