Tips Mengatasi Rem Blong

header 728 x 90 3

image

Salah satu penyebab kecelakaan mobil adalah rem yang tidak berfungsi alias blong. Jika kejadian itu menimpa Anda,
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah jangan panik. Selanjutnya simak tips otomotif berikut.

Banyak faktor yang menyebabkan rem blong, mulai dari piston rem aus, kampas rem habis, kualitas oli rem buruk, hingga selang rem bocor. Rem blong sebenarnya dapat diantisipasi jika pengemudi selalu memperhatikan mobilnya.

Beberapa tanda rem berpotensi blong adalah tampak rembesan minyak di salah satu roda dan di pedal rem. Srlain itu jika rem dalam kondisi normal, maka akan terasa keras saat diinjak.

Akan tetapi jika pedal rem terasa empuk dan jeblos ke bawah saat diinjak, dapat dipastikan terjadi masalah pada sistem pengereman mobil. Sebaiknya segera bawa mobil Anda ke bengkel.

Lantas bagaimana jika rem blong terjadi saat mobil sedang melaju di jalan raya?

Dikutip Solopos dari laman Toyota-astra, Sabtu (3/10/2015), hal pertama yang perlu dilakukan adalah jangan panik. Selanjutnya lepaskan pedal gas dan injak pedal rem berkali-kali dengan cepat.

Setelah kecepatan mobil sedikit mengurang, perlahan turunkan gigi persneling. Tidak masalah jika kemudian terdengar suara mesin mobil sedikit meraung. Hal itu menandakan pengereman memanfaatkan gigi mesin berhasil (Engine Break).

Jika laju mulai melambat, segera cari lokasi aman untuk menepi. Selanjutnya tarik rem tangan untuk menghentikan mobil dengan sempurna.

Jika langkah tersebut tidak berhasil masih ada salah satu langkah darurat, yakni dengan cara menabrakan mobil ke benda mati.

Belajar sb1m yuk

Baca Juga Yang satu ini ...
Wow Mazda Jual 10 Ribu Unit, Berkat Mazda 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *