Mengapa Setelah Makan Kita Merasa Mengantuk?

header 728 x 90 3

By: Rinaldi Herdianto
Mengapa Setelah Makan Kita Merasa Mengantuk?

Merasa mengantuk sehabis makan adalah hal yang wajar. Jadi anda tidak perlu khawatir, mengantuk setelah makan berlebih, bukan berarti ada tanda penyakit tersembunyi, melainkan respons terhadap makanan. Lalu, bukankah kita seharusnya bertenaga setelah makan? Lalu kenapa justru sebaliknya? Berikut beberapa faktor penyebab.

LEBIH BANYAK DARAH KE SALURAN PENCERNAAN.
Seusai makan, darah akan secara alami mengalir menuju saluran pencernaan. Semakin banyak makanan yang dikonsumsi, semakin banyak pulsa darah yang dialirkan untuk membantu proses pencernaan. Karena banyaknya darah dialirkan ke saluran pencernaan, Otomatis asupan darah ke otak dan organ tubuh yang lain berkurang, sehingga bada merasa lemas dan mengantuk. Kurangnya oksigen ke otak juga menyebabkan kita lebih banyak menguap.

Mencerna Makanan Banyak Memerlukan Energi Lebih.
Selain darah, saluran pencernaan juga membutuhkan banyak energi untuk mencerna makanan banyak. Apalagi kalau makanannya rendah serat. Usus akan membutuhkan lebih banyak energi untuk mencernanya. Makan makanan dengan porsi besar ternyata menghabiskan energi yang hampir sama banyak dengan berolahraga selama beberapa menit.

Kadar Asam Lambung yang Berubah.
Agar dapat mencerna banyaknya makanan yang telah masuk lambung, organ ini menghasilkan lebih banyak asam lambung. Karena tingkat keasaman lambung sangat tinggi, darah pun turut menjadi asam. Untuk menyeimbangkan tingkat keasaman dalam darah, tubuh melakukan sesuatu yang dikenal dengan istilah alkaline tide, yaitu pelepasan zat basa dalam darah untuk menetralkannya. Reaksi kimia dalam tubuh ini juga merangsang kantuk.

Maknan yang Dikonsumsi.
Yang kita makan pun dapat berkontribusi menyebabkan rasa kantuk. Makanan yang tinggi karbohidrat adalah salah satu penyebab yang bikin kita ingin tidur. Kandungan glukosa dalam karbohidrat dapat menambah energi, namun tubuh perlu waktu untuk dapat mencernanya. Karena glukosa dalam karbohidrat tidak dapat langsung digunakan tubuh, tingkat gula darah yang rendah mengakibatkan rasa mengantuk.

Baca Juga Yang satu ini ...
Diet dengan Susu-Teh Hijau Turunkan Berat badan 2 Kg dalam Sehari!

Untuk membantu tubuh untuk lebih cepat mencerna glukosa dalam karbohidrat, kita harus menggerakkan badan. Tidak berarti kita langsung berolahraga setelah makan, tapi juga tidak berarti kita juga bermalas-malasan. Cukup jalan kaki untuk beberapa menit agar tubuh kita segera bugar kembali. (DEV/ALDI)

Belajar sb1m yuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *