BPDB: Mengatakan Belum Ada Laporan Kerusakan Akibat Gempa Bumi di Yogyakarta

header 728 x 90 3

Gempa Bumi di aceh

RifandaGia.com – Badan Penanggulan Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan hingga pukul 19:30 WIB belum ada laporan tentang kerusakan Gempa yang berkekuatan 5,6 skala Richter yang mengguncang wilayah itu.

“Dari teman-teman di lapangan yang langsung melakukan identifikasi belum ada info kerusakan apa un,” kata Komandan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY,Wahyu Pristiawan di Yogyakarta, Rabu malam.

Pristiawan menuturkan bahwa BPDB DIY bersama BPDB kabupaten/ota akan terus melakukan pemantauan dampak dari gempa tersebut karena cukup kuat.

“Guncangannya cukup kuat dengan durasi lebih lama, berbeda dengan gempa tektonik bulan lalu (29 Oktober 2015),” kata dia.

Sampai detik ini, menurut dia, identifikasi lebih digencarkan secara khusus di Kabupaten Bantul sebagai kabupaten yang paling dekat dengan episentrum gempa. “Sekarang di Bantul, Kota Yogyakarta, Gunung Kidul, dan Kulon Progo masih melakukan pendataan, tapi secara khusus kami fokuskan Bantul,” kata dia

Sebelumnya, Gempa tektonik berkekuatan 5,6 Skala Richter mengguncang Yogyakarta, Rabu, pukul 18:45 WIB, dengan pusat gempa di laut yang berada 120 kilometer barat daya Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta Tony Agus Wijaya mengatakan posisi pusat gempa berada di 8.97 Lintang Selatan (LS) dan 110.19 Bujur Timur (BT) pada kedalaman 93 kilometer.

“Cukup kencang, namun gempa itu tidak menimbulkan tsunami,” kata dia.

Menurut dia, pemicu peristiwa gempa yang terjadi dengan durasi hampir 10-15 detik itu tidak jauh berbeda dengan gempa tektonik pada 29 Oktober dengan kekuatan 5,2 Skala Richter yang disebabkan subduksi dua lempeng benua di DIY. “Sama-sama disebabkan subduksi,” kata dia.

Getaran gempa tersebut, menurut Tony, dirasakan di DIY dengan skala goncangan sedang antara IV-V (Modified Mercalli Intensity).

Baca Juga Yang satu ini ...
IndiHome dan Telkom Dipetisi, Karena Kecewakan Pelanggan

“Goncangannya memang cukup mampu memicu keretakan pada bangunan-bangunan yang sudah tua atau tidak kokoh,” tutur Tony.

Belajar sb1m yuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *