5 Jenis Superset Agar Hasil Latihan Lebih Maksimal Lagi

header 728 x 90 3

image

Salah satu cara efektif untuk mempersingkat waktu latihan, menambah intensitas, merangsang pertumbuhan otot lebih banyak, serta membuat laju pembakaran lemak semakin kencang adalah dengan mencoba teknik superset.
Anda mungkin sudah serinf mendengar istilah ini. Ya, superset adalah teknik latuhan beban yang dilakukan dengan melakukan 2 latihan secara berurutan tanpa jeda istirahat. Tak hanya bisa mengombinasikan latuhan untuk kelompok otot yang sama maupun berbeda misalnya latihan beban dan kardio.
Nah, berikut ini ada 5 jenis latihan metode superset dasar yang bisa anda lakukan:

1.Pre-Exhaustion Superset: Contohnya leg extension diikuti dengan squat. Teknik ini membuat otot dalam kelompok otot yang sama mengalami kelelahan dengan melakukan latihan isolation dilanjutkan dengan latihan compound. Mulailah dengan beban yang lebih ringan dari biasanya agar teknik ini efektif
                              

2.Post-Exhaustion Superset: Adalah kebalikan jenis pertama diatas. Contoh dari post exhaustion superset adalah squat yang kemudian diikuti oleh leg extension. Dilakukan dengan latihan compound diikuti oleh leg extension. Dilakukan dengan latihan compound diikui isolation untuk memberikan “kerusakan” pada serabu otot di kelompok otot tertentu.

3.Compound superset: Contohnya bench press diikuti incline bench press. Teknik ini sebaiknya hanya dilakukan oleh anda yang sudah cukup advance karena menggunakan beban berat yang bisa menyebabkan stres pada sistem saraf pusat

4.Isolation Superset: Contohnya barbell curl kemudian diikuti hammer curl. Metode ini membuat kita fokus untuk “merusak” satu kelompok otot dengan beban dan tekanan ganda.

5.Staggered Superset: Contohnya bench press kemudian disusul calf raise. Di sini kita membuat otot-otot dari kelompok otot yang berbeda bekerja.
Namun demikian, ada baiknya anda tidak melakukan dengan kombinasi punggung dengan bicep, dada debgan triceps,atau bahu dengan dada, karena masing masing kelompok otot ini juga ikut bekerja secara tidak langsung ketika kita melatih otot lainnya.

Baca Juga Yang satu ini ...
Belajar cara punya web sendiri dengan mudah

Nah, untuk mendapatkan manfaat optimal dari teknik latihan beban yabg dahsyat ini,jangan lupa untuk memberikan istirahat yang cukup bagi tubub Anda untuk melakukan proses recovert dengan maksimal.

Selamat Mencoba 🙂 via sportindo.com

Belajar sb1m yuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *